06/01/14



A.      Pengertian Flashdisk


Flashdisk adalah media penyimpanan yang sangat praktis, selain bentuknya yang kecil dan ramping juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar, selain itu pemasangannya sangat mudah yaitu menggunakan port universal serial bus (USB) atau USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, dan kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 256 gigabyte. Karena kepraktisannya banyak pengguna komputer melakukan penyimpanan maupun backup data menggunakan flashdisk. Merk-merk flashdis yang beredar di pasaran saat ini antara lain MyFlash, Kingston, Sandisk, Apacer, Corsair, Transcend, Nexs, Patriot, Toshiba, dll.

B.       Kapasitas Flashdisk
Kapasitas flashdisk yang dijual di pasaran mulai dari 1 GB sampai 256 GB yang setara dengan kapasitas 400 CD dan harga USB Flashdisk mulai dari ribuan hingga juataan rupiah. Akhir-akhir ini ada kabar baru bahwa Transcend baru saja merilis sebuah USB flash disk dengan kapasitas raksasa, 64GB, pada seri V20-nya. Kapasitas ini sudah lebih besar jika dibandingkan SSD (solid state disk) yang saat ini digunakan pada netbook seperti Asus Eee PC 900 dan Acer Aspire One.
Mungkin karena kapasitasnya yang kian besar, Transcend V20 sedikit lebih panjang dibandingkan mayoritas USB flash disk. Dimensi V20 disebutkan 8,8x3,3x1,5 cm dengan bobot 24gram. Seperti lazimnya flash disk, V20 bisa berfungsi pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Software untuk fungsi kompresi dan/atau proteksi password untuk lebih mendayagunakan flash disk ini, seperti biasa, tersedia di situs resmi Transcend. Namun harga flashdisk ini belum diketahui.


C.      Kinerja atau Cara Kerja Flashdisk
Cara kerja flashdisk digambarkan sebagai berikut.

















1.         Input yaitu peralatan yang menggunakan USB (Flashdisk, camera, joystick,dll).
2.         Interface yaitu Port antarmuka yang menghubungkan USB.
3.   Chipset southbridge adalah I/O pengendali yang mengatur kecepatan transfer  interface USB,Firewire,dll.
4.        Output berupa keluaran dari hasil pemprosesan(monitor,printer,dll.

Cara Penyimpanan flashDisk
     Tipe Flashdisk biasanya menggunakan struktur NAND Flash Memory Chip memori flash NAND mempunyai dua tingkat struktur hirarkis. Pada tingkat terendah, bit disusun ke dalam halaman, biasanya masing-masing 2 KB. Pages/halaman adalah unit dari read and write dalam NAND flash . Dalam rangka untuk memulai sebuah operasi I/O, sebuah perintah menetapkan pages ID dikirim ke memori flash controller, yang menetapkan waktu setup tetap terlepas dari jumlah bit harus dibaca atau ditulis. Dengan demikian, bit berikutnya dalam halaman yang dipilih saat ini dapat dibaca atau ditulis jauh lebih efisien daripada bit dari halaman yang berbeda. Tidak seperti seperti dalam sebuah disk, kesalahan untuk memulai sebuah operasi I/O pada halaman adalah konstan, bukan fungsi dari operasi I/O sebelumnya (tidak ada keuntungan untuk halaman membaca secara berurutan). Pages dikelompokkan ke dalam struktur tingkat yang lebih tinggi yang disebut menghapus blok, yang terdiri dari masing-masing ~64 halaman. Sementara halaman adalah unit read dan write, erase block adalah unit penghapusan (erasure). Seperti dijelaskan di atas, menulis ke halaman hanya dapat menghapus bit (membuat mereka nol), tidak mengesetnya. Akhirnya, jumlah siklus menghapus per erase block terbatas, dan biasanya berkisar dari 10.000 hingga 1.000.000. Setelah batas siklus telah terlampaui, maka blok hilang, dan itu mustahil untuk melakukan menulis lebih jauh ke halaman di dalamnya.

D.      Material Flashdisk











Komponen-komponen flashdisk secara umum:
1.         Sambungan USB berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh Sistem Operasi.
2.         Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.
3.         Titik uji ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor.
4.         Cip memori kilat bagian ini adalah tempat menyimpan data apabila kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk, biasanya juga digunakan di dalam kamera digital.
5.         Osilator kristal, perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian.
6.         LED berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis.
7.         Write-protect switch berfungsi menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak.
8.         Ruang kosong untuk cip memori kilat kedua disediakan untuk tambahan satu flash memory, dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

E.       Kelebihan Flashdisk
Kelebihan flashdisk salah satunya adalah mampu menyimpan data yang sangat banyak. Selain itu ada beberapa kelebihan-kelebihan flashdisk yang lain, antara lain:
1.         Flashdisk memiliki kapasitas yang banyak, sangat berguna bagi seorang pelajar, karyawan, pegawai, maupun mahasiswa yang sangat membutuhkan benda kecil ini yang isinya besar.
2.         Flashdisk berukuran kecil, selain berkapasitas besar flashdisk juga berukuran kecil sehingga mudah dan praktis untuk dibawa kemanapun. Seperti ke warnet, ke kantor, ke sekolah, maupun ke kampus. Cukup dengan sedikit ruang kosong disaku, kita bisa menyimpan dan membawa flashdisk. Hingga sampai saat ini banyak orang memilih Flashdisk HP 4GB yang kira-kira ukurannya 3cm. Resiko Flashdisk berukuran kecil adalah mudah hilang dan jatuh.
3.         Dapat memilikinya dengan harga murah. Hal ini adalah hal yang paling menarik karena dengan sedikit biaya, kita dapat membeli flashdisk. Pada tahun 2012 Flashdisk 4GB bisa didapat hanya dengan Rp 55.000.
4.         Berlaku universal (berlaku dikomputer, PC atau yang lainnya). Flashdisk ini berlaku atau dapat dipakai di computer atau laptop dimana saja. Sehingga tidak menjadi masalah apabila dibawa kemanapun.


F.       Teknologi yang Digunakan Flashdisk
Teknologi yang digunakan pada flashdisk menggunakan teknologi yang dinamakan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory). Teknologi EPROM sudah ada sejak 1972. Teknologi ini merupakan salah satu teknologi memory yang dapat mempertahankan data di dalamnya meskipun tidak ada catu daya. Perkembangan selanjutnya pada tahun 1978 Intel mengembangkan EEPROM yang dapat dihapus secara elektris menggunakan sinar Ultraviolet, prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi EPROM. Saat ini, chip EEPROM masih bisa kita temukan pada BIOS untuk melakukan penyimpanan konfigurasi BIOS dan pengaturan atau setting system pada PC. Dengan munculnya teknologi USB (Universal Serial Bus) pada tahun 1994 sebagai antarmuka untuk komunikasi berkecepatan tinggi antara suatu perangkat dan host controller, telah menjadikan jenis perangkat dengan antarmuka USB semakin populer, termasuk USB flashdisk. Saat ini, konektivitas USB flashdisk telah menggunakan USB 2.0, namun kecepatan transfer pada flashdisk belum mencapai 60 MB/detik (standar USB 2.0), dikarenakan batasan teknis. Umumnya, sebuah flashdisk yang memiliki kecepatan baca sebesar 30 MB/detik, dan kecepatan tulis sebesar 10 MB/detik sudah dapat dikategorikan sebagai flashdisk yang cepat.

G.      Daftar Pustaka
http://www.kursusprivat.com/artikel.php?id=374&title=Teknologi-Flash-Disk-dan-10-Aplikasi-Portabel-Populer-kursus-komputer-privat

0 komentar :

Posting Komentar